Entri Populer

Selasa, 28 April 2020

TEST 2 Sosialisasi, penyimpangan sosial, dan pengendalian sosial

Bacalah ilustrasi cerita sosiologi untuk menjawab nomor 1 – 8 kemudian jawab pertanyaannya! 

Membangun Rumah-rumahan

Di kampung Durian Runtuh yang tenang dan asri hidup anak-anak yang menggemaskan. Setiap anak lahir dari keluarga yang memiliki ciri keunikan masing-masing. Ada keluarga yang berasal dari Melayu, India, dan China. Begitu pula disetiap keluarga menerapkan cara membesarkan anak sesuai dengan adat istiadatnya.
Upin dan Ipin tinggal bersama Kak Ros dan Opah (nenek) yang membesarkannya, karena ayah dan ibunya telah meninggal sejak mereka bayi. Untuk membesarkan Upin dan Ipin Kak Ros cenderung lebih tegas dan galak ketika Upin dan Ipin nakal, semisal ketika Upin dan Ipin tidak mau belajar, bisa dijewer sama Kak Ros, namun berbeda dengan Opah yang masih toleran ketika Upin dan Ipin nakal.
Upin dan Ipin memiliki banyak teman, seperti Jarjit, Fizi, Ehsan, Ismail, dan Mei Mei. Pada suatu saat mereka membangun rumah-rumahan di lapangan di tempat biasa mereka main. Jarjit berpantun “dua tiga buah durian montong, mari kita bangun rumah gedong”, berpantun kebiasaan Jarjit karena orang tuanya memasukan dia ke Sanggar Seni Melayu dan jika dia menolak sering mendapat sanksi.
Ketika membangun sebuah rumah-rumahan Upin dan Ipin terlihat sangat kotor dan berantakan, lalu mereka ditegur sama Fizi kalau rumah yang dibuat haruslah rapih dan bersih agar penghuninya juga sehat. Fizi dikenal anak yang suka menjaga kebersihan karena oleh orangtuanya yang selalu menasehatinya. Kemudian Upin dan Ipin menuruti pesan dari Fizi untuk merapihkan rumah-rumahannya.
Berbeda dengan Mei Mei saat membangun rumah-rumahan, Mei Mei terlebih dahulu membaca majalah Feng Shui tentang konsep rumah yang nyaman. Kemudian Mei Mei mendapat banyak pengetahuan dari majalah dan membangun rumah-rumahan tersebut. Sehingga teman-temannya melihat bahwa rumah yang dibangun lebih bagus dari pada yang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Statistik Pengunjung

Socio Education

Merupakan Weblog tentang seputar materi ilmu sosial sebagai penunjang dan pelengkap edukasi.

  © Design Blog 'Ultimatum' by Socio Education 2020

Back to TOP