;

Selasa, 22 Agustus 2017

Menganalisa Perubahan Sosial

Artikel #1 untuk tugas A1

Perubahan sosial dari segi waktu berjalan lambat (evolusi) dan juga dapat berjalan dengan cepat (revolusi). Dilihat dari proses adakalanya suatu perubahan bisa direncakanan dan tidak direncakan yang muncul tanpa dikehendaki, seperti maraknya industrialisasi sebagai rencana pemerintah menekan pengangguran tapi disisi lain, muncul hal yang tidak direncakan yaitu urbanisasi, masyarakat dengan kehidupan konsumtif dan individualistik. Sehingga dampak perubahan mengarah pada sektor yang lebih luas sampai berdampak pada hal-hal besar atau mengarah pada hal yang lebih kecil. Pada gambar dibawah A1, merupakan perubahan sosial pada sektor digitalisasi. Silahkan lakukan analisa berdasarkan bentuk perubahan sosial yang tepat menurut Anda!














Artikel #2 untuk tugas A2


 Traktor merupakan kendaraan mesin pengganti kerbau dalam membajak sawah pertanian. Alat ini di klaim lebih bagus daripada kerbau untuk membajak sawah. Hasil dari traktor bisa lebih cepat daripada pembajak konsensional.

Namun, artikel di bawah ini menunjukan hal  berbeda pada masyarakat Agam. Dilihat dari segi maju-mundurnya perubahan sosial yaitu progress dengan hasil yang lebih baik dan sedangkan regress dengan hasil yang dinilai kurang baik, bagaimana Anda dapat mendeskripsikan alat pembajak ini dengan artikel di  bawah ini.





















Analisa #3 A3 lagu "Ujung Aspal Pondok Gede"

Saksikan dan dengarkan lagu Iwan Fals di bawah ini.
Sesuai dengan lirik lagu tersebut, terdapat unsur-unsur perubahan sosial. Jika melihat daripada definisi perubahan sosial menurut Emile Durkheim mengungkapkan perubahan sosial terjadi sebagai hasil dari faktor-faktor ekologis dan demografis, yang mengubah kehidupan masyarakat dari kondisi tradisional yang diikat solidaritas mekanistik, ke dalam kondisi masyarakat modern yang diikat oleh solidaritas organistik. Jelaskan aspek sosial mana sajakah yang mengalami perubahan sosial pada lagu tersebut ditinjau berdasarkan definisi dari Emile Durkheim?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Socio Education

Merupakan Weblog tentang seputar materi ilmu sosial sebagai penunjang dan pelengkap edukasi.

Statistik Pengunjung

;

  © Design Blog 'Ultimatum' by Socio Education 2017

Back to TOP